KOMPENSASI DAN MOTIVASI: PENGARUHNYA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PT. TJENDANA MANDRA SAKTI DENPASAR

  • Gangga Pravasta
  • Desak Ketut Sintaasih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap semangat kerja karyawan. Penelitian  dilakukan di PT.Tjendana Mandra Sakti Denpasar, dengan responden sebanyak 54 orang karyawan. Regresi linier berganda adalah teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi dan motivasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan. Secara parsial, kompensasi dan motivasi juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan. Hasil ini mengindikasikan bahwa dengan pemberian kompensasi berupa gaji, insentif dan tunjangan hidup yang sesuai dengan jabatan dan beban pekerjaan dapat memacu semangat kerja karyawan. Demikian pula halnya dengan motivasi yang diukur dari adanya peluang promosi jabatan bagi karyawan yang berprestasi dan terjalinnya hubungan kerja terbukti dapat memacu semangat kerja karyawan.

Saran yang dapat dikemukan dari hasil penelitian ini, adalah perusahaan penting untuk lebih memperhatikan tunjangan hari raya dan gaji, hubungan kerjasama yang baik antar karyawan dengan pimpinan, serta kesempatan promosi bagi karyawan berprestasi,  mengingat aspek-aspek tersebut masih dipersepsikan belum memadai oleh para karyawan demi kemajuan perusahaan.

Kata kunci : Semangat kerja, kompensasi dan motivasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-05-02
How to Cite
PRAVASTA, Gangga; SINTAASIH, Desak Ketut. KOMPENSASI DAN MOTIVASI: PENGARUHNYA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PT. TJENDANA MANDRA SAKTI DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 5, may 2014. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/7632>. Date accessed: 24 june 2022.
Section
Articles

Keywords

Semangat kerja; kompensasi; motivasi