KOMITMEN ORGANISASIONAL MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN PADA HOTEL OBEROI BALI

  • Ni Luh Putu Prawerti Widhari Universitas Udayana
  • I Komang Ardana Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap retensi karyawan. Dalam penelitian ini juga dikaji peran komitmen organisasional dalam memediasi pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap retensi karyawan. Sampel penelitian ini adalah karyawan Hotel Oberoi Bali sebanyak 58 orang, dengan teknik proportionate stratified random sampling yang mengacu pada pendekatan Slovin. Pengumpulan data dilakukan melaui wawancara dan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan. Persepsi dukungan organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional karyawan dan komitmen organisasional terbukti secara signifikan memediasi pengaruh persepsi organisasi terhadap retensi karyawan. Implikasi teoritis dari penelitian yaitu bahwa saat perusahaan memberikan dukungan terhadap karyawannya maka karyawan tersebut secara teori akan melakukan pertukaran sosial dalam bentuk berkomitmen kepada perusahaan sehingga retensi karyawan akan semakin meningkat.


Kata kunci: persepsi dukungan organisasi, komitmen organisaisonal, retensi karyawan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-21
How to Cite
WIDHARI, Ni Luh Putu Prawerti; ARDANA, I Komang. KOMITMEN ORGANISASIONAL MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN PADA HOTEL OBEROI BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 9, p. 887 - 906, sep. 2021. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/71177>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i09.p03.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>