ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN LOYALITAS KARYAWAN PADA PT. INTI BUANA PERMAI DENPASAR BALI

  • I Ketut Andy Hermawan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • I Gede Riana Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Loyalitas karyawan pada suatu perusahaan ditunjukan dengan komitmen karyawan didalam perusahaan, komitmen pada organisasi terbentuk karena memiliki beberapa faktor yaitu dari diri  sendiri  dan organisasi.  Penelitian bertujuan untuk menngetahui Loyalitas karyawan pada PT. Inti Buana Permai. Penelitian ini menggunakan sampel jumlah yang diambil seluruh populasi yaitu sebanyak 49 orang sebagai responden. Alasan mengunakan populasi adalah populasi merupakan kumpulan dari semua elemen yang memiliki sejumlah karakteristik umum, terdiri atas himpunan untuk tujuan penelitian pemasaran.

Pada pemakaian metode Principal Component Analysis (PCA), diperoleh 4 (empat faktor) yang menentukan loyalitas karyawan PT. Inti Buana Permai dan mampu menjelaskan semua varian yang ada dalam data, yaitu sebesar 74,453 persen. Keempat faktor tersebut adalah faktor kompensasi dengan eigen value 4,366, faktor Tanggung jawab mempunyai eigen value 3,925, faktor Disiplin eigen value 3,862, untuk faktor partisipasi mendapatkan eigen value sebanyak 2,738. Variabel mewakili setiap faktor untuk menentukan loyalitas karyawan di PT. Inti Buana Permai adalah variabel tunjangan transportasi dengan loading factor 0,819, variabel kesuksesan dengan loading factor 0,873, variabel absensi dengan loading factor 0,855, dan variabel inisiatif dan kreatif dengan loading factor 0,780.

Kata kunci : Loyalitas karyawan

Published
2014-03-10
How to Cite
ANDY HERMAWAN, I Ketut; RIANA, I Gede. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN LOYALITAS KARYAWAN PADA PT. INTI BUANA PERMAI DENPASAR BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 3, mar. 2014. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/6927>. Date accessed: 26 jan. 2020.
Section
Articles

Keywords

Loyalitas karyawan