PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN PADA WISATA BEACH INN

  • I Gusti Ngurah Putra Wijaya Universitas Udayana
  • AA Sagung Kartika Dewi Universitas Udayana

Abstract

Organizational Citizenship Behavior (OCB) adalah perilaku yang bukan merupakan bagian dari tugas yang telah di persyaratkan secara formal bagi seorang karyawan tetapi secara keseluruhan mendorong fungsi efektif organisasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja terhadap oganizational citizenship behavior Karyawan pada Wisata Beach Inn. Penelitian ini dilakukan di Wisata Beach Inn Legian – Kuta. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan di Wisata Beach Inn Legian – Kuta. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 sampel dengan menggunakan metode sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penyebaran kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap oganizational citizenship behavior. Kepuasan kerja positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap oganizational citizenship behavior. Kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap oganizationalcitizenship behavior.


Kata Kunci: kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, organizational citizenship behavior

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-04
How to Cite
PUTRA WIJAYA, I Gusti Ngurah; DEWI, AA Sagung Kartika. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN PADA WISATA BEACH INN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 10, p. 948 - 967, oct. 2021. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/66401>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i10.p01.
Section
Articles