KEADILAN ORGANISASIONAL, TRUST, DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL BERPENGARUH TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN

  • Ida Ayu Phrameswari Dwika Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Dewi Adnyani Universitas Udayana

Abstract

Organizational citizenship behavior merupakan perilaku individu yang bersifat sukarela diluar deskripsi pekerjaannya yang tidak diatur dalam perusahaan dan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi fungsi perusahaan. Agar tumbuh perilaku OCB pada karyawan Impiana Private Villas Seminyak perusahaan perlu memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi OCB seperti keadilan organisasional, trust, dan komitmen organisasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh keadilan organisasional, trust, dan komitmen organisasional terhadap OCB. Penelitian ini dilakukan pada Impiana Private Villas Seminyak. Sampel dalam penelitian sebanyak 106 responden dengan metode simple random sampling dan dihitung dengan rumus slovin. Teknik Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikas terhadap OCB, trust berpengaruh positif dan signifikas terhadap OCB, dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikas terhadap OCB. Hasil uji kelayakan model didapat bahwa keadilan organisasional, trust, dan komitmen organisasional berpengaruh signifikan secara serempak atau bersama-sama terhadap organizational citizenship behavior karyawan Impiana Private Villas Seminyak.


Kata kunci: organizational citizenship behavior, keadilan organisasional, trust, dan komitmen organisasional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-03
How to Cite
DWIKA, Ida Ayu Phrameswari; ADNYANI, I Gusti Ayu Dewi. KEADILAN ORGANISASIONAL, TRUST, DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL BERPENGARUH TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 6, p. 2207 - 2226, june 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/57897>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i06.p08.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>