KEPUASAN KERJA MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KUTABEX BEACH FRONT HOTEL BALI

  • Ni Luh Sintya Yulianingsih Universitas Udayana
  • Agoes Ganesha Rahyuda Universitas Udayana

Abstract

Komitmen organisasional merupakan sikap yang menunjukan loyalitas karyawan dan merupakan proses berkelanjutan bagaimana seorang anggota organisasi mengekspresikan perhatian mereka kepada kesuksesan organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasional karyawan KutaBex Beach Front Hotel Bali. Jumlah populasi adalah 113 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 54 orang menggunakan rumus slovin dengan metode proportionate random sampling. Data dianalisis menggunakan teknik analisis jalur. Pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional. Selain itu kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional dan  kepuasan kerja memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasional secara parsial. Implikasi dari penelitian ini adalah kepuasan kerja yang tinggi dimiliki karyawan akan meningkatkan komitmen organisasi karyawan melalui pengaruh kepemimpinan transformasional.


Kata kunci  : kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, komitmen organisasional

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-03
How to Cite
YULIANINGSIH, Ni Luh Sintya; RAHYUDA, Agoes Ganesha. KEPUASAN KERJA MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KUTABEX BEACH FRONT HOTEL BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 5, p. 2003 - 2023, may 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/57448>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i05.p18.
Section
Articles