PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, GROWTH OPPORTUNITIES DAN LIQUIDITY TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BEI

  • Luh Galang Marhaenis Universitas Udayana
  • Luh Gede Sri Artini Universitas Udayana

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dari adanya risiko usaha yaitu dengan menerapkan kebijakan hedging sehingga mengurangi dampak yang ditimbulkan dari fluktuasi kurs valuta asing serta melindungi aset perusahaan dari eksposur risiko tersebut yaitu pada perusahaan pertambangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh financial distress, growth opportunities dan liquidity terhadap keputusan hedging pada perusahaan pertambangan. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling karena dalam penelitian ini didapatkan sampel sebanyak 32 perusahaan dari 48 populasi perusahaan pertambangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa financial distress berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan hedging. Growth opportunities berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan hedging. Liquidity berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan hedging.


Kata Kunci: financial distress, growth opportunities, hedging, liquidity

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-03
How to Cite
MARHAENIS, Luh Galang; ARTINI, Luh Gede Sri. PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, GROWTH OPPORTUNITIES DAN LIQUIDITY TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BEI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 5, p. 1778 - 1797, may 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/56835>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i05.p07.
Section
Articles