PERAN KOMITMEN ORGANISASIONAL DALAM MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN AMBIENTE SPA

  • Komang Sri Astuti Dewi Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Manuati Dewi Universitas Udayana

Abstract

Turnover intention merupakan salah satu bentuk pergerakan karyawan keluar dari organisasi yang dapat berujung pada keputusan karyawan meninggalkan pekerjaannya. Tujuan penelitian adalah menguji pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap turnover intention dimediasi oleh komitmen organisasional. Penelitian dilakukan di Ambiente Spa dengan 100 orang sampel, menggunakan metode sampel jenuh dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara serta penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik dan Analisis Jalur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention serta komitmen organisasional memiliki peran sebagai veriabel mediasi secara negatif dan signifikan pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap turnover intention. Kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasional secara nyata dapat menurunkan turnover intention, ketika kepemimpinan transformasional yang dirasakan oleh karyawan meningkatkan komitmen organisasi, maka komitmen organisasi yang dirasakan oleh karyawan menjadi semakin kuat sehingga berpotensi  menurunkan turnover intention.


Kata kunci  : Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Organisasional, Turnover Intention

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-03
How to Cite
DEWI, Komang Sri Astuti; DEWI, I Gusti Ayu Manuati. PERAN KOMITMEN ORGANISASIONAL DALAM MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN AMBIENTE SPA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 1445 - 1464, apr. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/56668>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i04.p11.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>