REAKSI PASAR TERHADAP PERISTIWA PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2019 DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Putu Agus Yudiawan Universitas Udayana
  • Nyoman Abundanti Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui reaksi pasar terhadap peristiwa pemilihan presiden di Indonesia tahun 2019 yang diteliti menggunakan variabel abnormal return dan trading volume activity. Penelitian ini menggunakan pendekatan event study dengan 11 hari event window. Sampel penelitian berdasarkan purposive sampling sebanyak 63 perusahaan yang tergabung dalam Indeks IDX80. Dari hasil uji normalitas diketahui data tidak berdistribusi normal, maka metode uji hipotesis yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Tidak terdapat reaksi pasar yang signifikan dilihat dari rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah peristiwa pemilihan. (2) Terdapat reaksi pasar yang signifikan dilihat dari rata-rata trading volume activity sebelum dan sesudah peristiwa pemilihan.


Kata Kunci: studi peristiwa, pemilihan presiden, abnormal return, trading volume activity.     


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-03
How to Cite
YUDIAWAN, Putu Agus; ABUNDANTI, Nyoman. REAKSI PASAR TERHADAP PERISTIWA PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2019 DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 799 - 818, feb. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/54556>. Date accessed: 28 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i02.p20.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>