LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL BERPENGARUH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE DAN PROPERTY

  • Luh Putu Putri Adesia Widayanti Universitas Udayana
  • I Putu Yadnya Universitas Udayana

Abstract

Nilai Perusahaan merupakan tujuan utama yang harus dicapai perusahaan karena dengan memaksimalkan nilai perusahaan berarti memaksimalkan kemakmuran pemegang saham. Investor akan mencari perusahaan yang mempunyai prospek perusahaan yang bagus sehingga menghasilkan tingkat return perusaham yang tinggi. Hal ini tentunya akan mempengaruhi tinggi rendahnya harga pasar saham suatu perusahaan, yang mencerminkan nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh leverage, profitabilitas, dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Penelitian dilakukan pada perusahaan Real Estate dan property yang terdapat di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Sampel yang digunakan yaitu 15 perusahaan, dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan melalui data laporan keuangan yang dipublikaskan di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa leverage, profitabilitas dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Perusahaan diharapkan dapat memperhatikan rasio leverage, profitabilitas, dan kepemilikan manajerial agar nilai perusahaan semakin meningkat.


 


Kata kunci  : Leverage, Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Nilai Perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-03
How to Cite
WIDAYANTI, Luh Putu Putri Adesia; YADNYA, I Putu. LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL BERPENGARUH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE DAN PROPERTY. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 737 - 757, feb. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/54405>. Date accessed: 21 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i02.p17.
Section
Articles