LEADER MEMBER EXCHANGE, PEMBERDAYAAN KARYAWAN DAN KOMPENSASI FINANSIAL BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KERJA PT. CENTRAL HERO MANUNGGAL

  • Rosalina Permatasari Nesia Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Manuati Dewi Universitas Udayana

Abstract

Karyawan memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan perusahaan, sehingga perusahaan terus mengambangkan potensi sumber daya manusia yang dimilikinya dengan cara meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh leader-member exchange, pemberdayaan karyawan dan kompensasi finansial terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Central Hero Manunggal. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT.Central Hero Manunggal yang berjumlah 40 orang yang terbagi atas bagian Administrasi, Sales dan Marketing, dan General Affair. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh atau sensus, dimana seluruh populasi penelitian digunakan menjadi sampel, sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa leader-member exchange, pemberdayaan karyawan, dan kompensasi finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai PT. Central Hero Manunggal. Hal ini berarti bahwa semakin baik hubungan antara atasan dan bawahan, semakin karyawan itu merasa diberdayakan dan semakin tinggi kompensasi finansial yang diberikan kepada pegawai PT. Central Hero Manunggal maka tingkat kepuasan kerjanya akan meningkat.


Kata Kunci: leader-member exchange, pemberdayaan karyawan, kompensasi finansial,      kepuasan kerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-03
How to Cite
NESIA, Rosalina Permatasari; DEWI, I Gusti Ayu Manuati. LEADER MEMBER EXCHANGE, PEMBERDAYAAN KARYAWAN DAN KOMPENSASI FINANSIAL BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KERJA PT. CENTRAL HERO MANUNGGAL. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 617 - 636, feb. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/54067>. Date accessed: 21 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i02.p11.
Section
Articles