PENGARUH MERCHANDISING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN INDOMARET DI KOTA DENPASAR

  • Ni Luh Made Kartika Dewi Universitas Udayana
  • Eka Sulisyawati Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepuasan pelanggan dalam memediasi pengaruh merchandising terhadap loyalitas pelanggan.Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 120 sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling, dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis jalur (path analysis).Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi hubungan antara pengaruh merchandising dengan loyalitas pelanggan Indomaret di Kota Denpasar. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi pihak Indomaret untuk lebih memperhatikan pengelolaan merchandising agar lebih mampumeningkatkan kepuasan pelanggan untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan. 


Kata Kunci : loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan, merchandising

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-03
How to Cite
KARTIKA DEWI, Ni Luh Made; SULISYAWATI, Eka. PENGARUH MERCHANDISING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN INDOMARET DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 40 - 58, jan. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/50755>. Date accessed: 06 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i01.p03.
Section
Articles