PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE, DAN KELELAHAN EMOSIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN PERTOKOAN DALUNG PERMAI

  • Agung Wachid Kurniawan Universitas Udayana
  • Made Surya Putra Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leader member exchange, dan kelelahan emosional terhadap turnover intention pada karyawan. Penelitian ini dilakukan dipertokoan Dalung Permai. Jumlah sampel sebanyak 89 orang karyawan, dengan metode sampel jenuh atau sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linearberganda.Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa LMX secara parsial berpengaruh signifikan terhadap turnover intention, hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi nilai LMX semakin rendah turnover intention. Kelelahan emosional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap turnover intention, menunjukkan bahwa semakin tinggi kelelahan emosional karyawan semakin tinggi pula turnover intentionnya. Penelitian ini menunjukkan pengaruh negatif dan signifikan dari LMX terhadap turnover intention, dan pengaruh positif signifikan dari kelelahan emosional terhadap turnover intention.


Kata Kunci :Leader member exchange, kelelahan emosional, turnover intention.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-03
How to Cite
KURNIAWAN, Agung Wachid; PUTRA, Made Surya. PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE, DAN KELELAHAN EMOSIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN PERTOKOAN DALUNG PERMAI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 12, p. 6791 - 6991, dec. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/49170>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p04.
Section
Articles