PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

  • Putu Ayu Cahya Dewi Universitas Udayana
  • Ida Bagus Panji Sedana Universitas Udayana

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat atau publik. Perusahaan diharuskan untuk menyampaikan informasi mengenai kegiatan CSR yang dilakukan, biasanya kegiatan tersebut dipublikasikan oleh perusahaan pada laporan tahunan (annual report) dan juga sustainability report. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI pada tahun 2014-2017. Sample penelitian ini yaitu 38 perusahaan dengan metode nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati laporan keuangan dan laporan tahunan yang dipublikasikan oleh perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa profitabilitas perpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR, leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR.


Kata kunci: profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, corporate social responsibility

Published
2019-11-03
How to Cite
DEWI, Putu Ayu Cahya; SEDANA, Ida Bagus Panji. PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 11, p. 6618 - 6637, nov. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/48211>. Date accessed: 13 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p12.
Section
Articles