PERAN BRAND AWARENESS MEMEDIASI PENGARUH ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • M Dwi Aryasa Endyana Universitas Udayana
  • I Gst. A.Kt. Sri Ardani Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji peran brand awareness memediasi pengaruh advertising terhadap keputusan pembelian di aplikasi Tokopedia di Kota Denpasar. Variabel yang diteleti dalam penelitian ini adalah variabel advertising, brand awareness dan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dan populasi dalam penelitian ini adalah orang yang sudah pernah melakukan transaksi di Tokopedia yang berada di Kota Denpasar. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 120 responden. Penelitian ini menggunakan metode penentuan sampel teknik yang dipilih purposive sampling. Data dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, variabel advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta variabel brand awareness secara signifikan memediasi pengaruh advertising terhadap keputusan pembelian.


Kata Kunci: advertising, brand awareness, keputusan pembelian


 

Published
2019-11-03
How to Cite
ENDYANA, M Dwi Aryasa; ARDANI, I Gst. A.Kt. Sri. PERAN BRAND AWARENESS MEMEDIASI PENGARUH ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 11, p. 6558 - 6576, nov. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/48113>. Date accessed: 09 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p09.
Section
Articles