PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEADILAN ORGANISASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN

  • I Gusti Ayu Ratih Widarianti Universitas Udayana
  • Desak Ketut Sintaasih Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kepemimpinan transformasional, keadilan organisasional dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional karyawan Keraton Jimbaran Resort. Desain penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini, populasi berjumlah 148 karyawan dengan sampel 108 karyawan. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan slovin dengan. Alat analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional karyawan, keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional karyawan, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional karyawan. Berdasarkan hasil dari kuesioner terdapat hasil yang rendah yaitu karyawan kurang bertanggung jawab terhadap perusahaan, atasan kurang perduli terhadap bawahan, pimpinan kurang memperhatikan hak-hak karyawan dan setiap tugas kurang dikerjakan dengan baik karena kurangnya dukungan dari rekan kerja.


Kata Kunci: kepemimpinan transformasional, keadilan organisasional, kepuasan kerja, komitmen organisasional karyawan


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-03
How to Cite
WIDARIANTI, I Gusti Ayu Ratih; SINTAASIH, Desak Ketut. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEADILAN ORGANISASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 10, p. 6242 - 6261, oct. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/47880>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i10.p19.
Section
Articles