PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL, KOMITMEN ORGANISASIONAL, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)

  • Ni Putu Devi Erlina Wahyuni Universitas Udayana
  • I Wayan Gede Supartha Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadilan organisasional, terhadap OCB, untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasional terhadap OCB dan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap OCB pada Dash Hotel Seminyak. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan slovin sehingga jumlah respondennya yaitu 91 orang. Alat analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda.  Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Hal ini menunjukkan semakin baik keadilan organisasional yang diberikan terhadap pihak Dash Hotel Seminyak maka OCB para karyawan juga akan meningkat. Komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Hal ini menunjukkan semakin tinggi komitmen organisasional karyawan Dash Hotel Seminyak maka tingkat OCB pada karyawan juga akan meningkat. Serta kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Hal ini menunjukkan semakin tinggi kepuasan kerja karyawan Dash Hotel Seminyak maka tingkat OCB pada karyawan juga akan meningkat.


Kata Kunci: keadilan organisasional, komitmen organisasional, kepuasan kerja, OCB


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-03
How to Cite
WAHYUNI, Ni Putu Devi Erlina; SUPARTHA, I Wayan Gede. PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL, KOMITMEN ORGANISASIONAL, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 10, p. 6079 - 6098, oct. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/47344>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i10.p11.
Section
Articles