PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DIMEDIASI KEPUASAN KERJA DI PT. JAYA KUSUMA SARANA BALI

  • Ni Wayan Armiani Universitas Udayana
  • Made Surya Putra Universitas Udayana

Abstract

Komitmen organisasional merupakan kesediaan orang untuk tetap bertahan di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keadilan organisasional terhadap komitmen organisasional, keadilan organisasional terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional, dan keadilan organisasional terhadap komitmen organisasional melalui mediasi kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di PT. Jaya Kusuma Sarana Bali. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 52 orang karyawan, dengan metode sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, dan kepuasan kerja memediasi parsial pengaruh keadilan organisasional terhadap komitmen organisasional.


Kata kunci: keadilan organisasional; komitmen organisasional; kepuasan kerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-03
How to Cite
ARMIANI, Ni Wayan; PUTRA, Made Surya. PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DIMEDIASI KEPUASAN KERJA DI PT. JAYA KUSUMA SARANA BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 11, p. 6388 - 6407, nov. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/47203>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p01.
Section
Articles