PERAN KEPUASAAN DALAM MEMEDIASI PENGALAMAN BERBELANJA TERHADAP MINAT BELI KEMBALI

Peran kepuasan dalam memediasi pengalaman berbelanja terhadap minat beli kembali

  • Nyoman Ayu Nidya Larasati Dewi Universitas Udayana
  • A.A.Gede Agung Artha Kusuma Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman berbelanja terhadap minat beli kembali, serta mengetahui peran kepuasan dalam memediasi pengaruh pengalaman berbelanja dan terhadap minat beli kembali. Penelitian dilakukan di Zara Beachwalk dengan sampel sebanyak 95 orang yang merupakan konsumen produk fashion Zara. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada para konsumen produk fashion Zara di Beachwalk. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa variabel pengalaman berbelanja  dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli kembali. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel kepuasan memediasi pengaruh pengalaman berbelanja terhadap minat beli kembali secara parsial. Saran yang dapat diberikan kepada manajemen produk fashion Zara di Beachwalk adalah manajemen harus mampu menciptakan pengalaman berbelanja yang baik bagi konsumen sehingga kepuasan yang dirasakan ketika berbelanja akan meningkat dan minat beli kembali konsumen akan menjadi tinggi.


Kata kunci: minat beli kembali, kepuasan, pengalaman berbelanja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-03
How to Cite
DEWI, Nyoman Ayu Nidya Larasati; KUSUMA, A.A.Gede Agung Artha. PERAN KEPUASAAN DALAM MEMEDIASI PENGALAMAN BERBELANJA TERHADAP MINAT BELI KEMBALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 9, p. 5591 - 5610, sep. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/46904>. Date accessed: 22 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i09.p12.
Section
Articles