PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE

  • Ni Made Inten Septiani Universitas Udayana
  • I Made Dana Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage, dan kepemilikan institusional dalam memprediksi kondisi financial distress pada perusahaan property dan real estate di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel terpilih sebanyak 36 perusahaan. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 6 perusahaan dalam kategori mengalami financial distress dan 30 perusahaan dalam kategori tidak mengalami financial distress. Hasil penelitian dengan menggunakan logistic regression menunjukkan bahwa likuiditas yang diukur dengan current ratio berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress. Leverage  yang diukur dengan debt to asset ratio (DAR) dan kepemilikan institusional berpengaruh negatif signifikan  terhadap financial distress. Secara keseluruhan, ketepatan klasifikasi pada model regresi ini dalam pengelompokkan perusahaan subsektor property dan real estate yang mengalami financial distress dan perusahaan yang tidak mengalami financial distress adalah sebesar 87,2%.


 


Kata kunci: financial distress, likuiditas, leverage, kepemilikan institusional

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-03
How to Cite
SEPTIANI, Ni Made Inten; DANA, I Made. PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 5, p. 3110 - 3137, may 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/45544>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p19.
Section
Articles