PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL, GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PERUSAHAAN LOGISTIK

  • Made Febriani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Wayan Gede Supartha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Semangat kerja karyawan dapat menentukan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasional, gaya kepemimpinann transformasional, dan kompensasi finansial terhadap semangat kerja karyawan. Penelitian dilakukan di PT. Surya Cemerlang Logistik. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 38 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan indikator yang diukur dengan Skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel komitmen organisasional, gaya kepemimpinan transformasional, dan kompensasi finansial masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan di PT. Surya Cemerlang Logistik. Diantara ketiga variabel bebas yang diteliti, kompensasi finansial merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap semangat kerja karyawan.


 Kata kunci: semangat kerja, komitmen, kepemimpinan transformasional, kompensasi finansial


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-03
How to Cite
FEBRIANI, Made; SUPARTHA, I Wayan Gede. PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL, GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PERUSAHAAN LOGISTIK. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 4, p. 2267 - 2296, apr. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/43900>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p14.
Section
Articles