PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, FIRM SIZE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI

  • Nindya Pradiana Universitas Udayana
  • I Putu Yadnya Universitas Udayana

Abstract

Return saham merupakan keuntungan yang diperoleh investor dalam investasi saham. Salah satu sektor yang return saham nya berfluktuasi serta memiliki tingkat perputaran persediaan yang cukup tinggi ialah industri barang konsumsi. Adanya fluktuasi return saham melatar belakangi penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, profitabilitas, firm size dan likuiditas terhadap return saham pada perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 33 perusahaan.. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah variabel leverage yang diproksikan DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Profitabilitas yang diproksikan ROE berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham. Firm size berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Likuiditas yang diproksikan QR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return saham.


Kata Kunci: debt to equity ratio, return on equity, firm size, quick ratio, return saham

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-03
How to Cite
PRADIANA, Nindya; YADNYA, I Putu. PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, FIRM SIZE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 4, p. 2239 - 2266, apr. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/43677>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p13.
Section
Articles