PERAN KETERLIBATAN KARYAWAN PADA HUBUNGAN REWARDS DAN INTERNAL COMMUNICATION DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR

  • I Made Dena Julio Mahendra Saputra Universitas Udayana
  • Putu Saroyini Piartrini Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek mediasi keterlibatan karyawan pada hubungan rewards dan komunikasi internal dengan organizational citizenship behavior. Penelitian ini dilakukan di Akana Boutique Hotel. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 50 orang karyawan, dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa 1). Rewards dan komunikasi internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan karyawan, 2). Rewards, komunikasi internal dan keterlibatan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior, 3). Keterlibatan karyawan memediasi pengaruh rewards dan komunikasi internal terhadap organizational citizenship behavior, Semakin tinggi rewards, komunikasi internal dan keterlibatan karyawan maka organizational citizenship behavior juga akan semakin meningkat pada perusahaan Akana Boutique Hotel.


Kata kunci: rewards, komunikasi internal, keterlibatan karyawan, organizational citizenship behavior

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-03
How to Cite
SAPUTRA, I Made Dena Julio Mahendra; PIARTRINI, Putu Saroyini. PERAN KETERLIBATAN KARYAWAN PADA HUBUNGAN REWARDS DAN INTERNAL COMMUNICATION DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 1696 - 1726, mar. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/43236>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i03.p19.
Section
Articles