PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

  • Putu Gita Hapsari A Charmiati Universitas Udayana
  • Ida Bagus Ketut Surya Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Mediasi Pada PT. BPR Bali Dananiaga. Organizational Citizenship Behavior adalah perilaku dalam organisasi yang tidak secara langsung dihargai oleh sistem pemberian imbalan formal. Organisasi perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior. Sampel yang diambil sebanyak 45 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner dengan menggunakan skala likert 5 poin untuk mengukur 17 item pernyataan. Teknik analisis yang digunakan adalah Path Analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional, kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior, komitmen organisasional berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior serta komitmen organisasional berperan sebagai mediasi pada pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior pada PT. BPR Bali Dananiaga.


Kata kunci: kepuasan kerja, organizational citizenship behavior, dan komitmen organisasional

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-03
How to Cite
A CHARMIATI, Putu Gita Hapsari; SURYA, Ida Bagus Ketut. PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 1784 - 1812, mar. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/42149>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i03.p22.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>