PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN MOTIVASI KARYAWAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PT. GED DENPASAR

  • Sri Purnamasari fe unud
  • Anak Agung Ayu Sriathi Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi karyawan terhadap komitmen organisasional. Penelitian ini dilakukan di PT. Ganesha Emas Dwipa Cabang Denpasar. Jumlah target populasi penelitian ini sebanyak 33 responden Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan  kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji instrumen dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa budaya organisasi, gaya kepemimpinan transformasional, dan motivasi karyawan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Secara parsial budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Gaya kepemimpinan transformasional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, sedangkan motivasi karyawan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Komitmen dapat tercapai apabila individu dalam organisasi sadar akan hak dan kewajibannya dalam organisasi tanpa melihat jabatan dan kedudukan masing – masing individu, karena pencapaian tujuan organisasi merupakan hasil kerja semua anggota organisasi yang bersifat kolektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-03
How to Cite
PURNAMASARI, Sri; SRIATHI, Anak Agung Ayu. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN MOTIVASI KARYAWAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PT. GED DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 1543 - 1576, mar. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/41956>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i03.p14.
Section
Articles