PENGARUH GENDER, DAYA TARIK PROMOSI, KEPEMILIKAN KARTU KREDIT TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PRODUK LIFESTYLE

  • Made Santika Putra Unud
  • I Wayan Santika Universitas Udayana

Abstract

Kemajuan teknologi membuat paradigma baru dalam dunia bisnis. Perkembangan penggunaan internet yang sangat cepat akan berdampak positif bagi pelaku bisnis online di Indonesia. Salah satu perilaku konsumen yang sangat diinginkan oleh pemasar yang menggunakan media online adalah perilaku pembelian implusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gender, daya tarik promosi dan kepemilikan kartu kredit terhadap perilaku pembelian impulsif secara online. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan melibatkan 60 orang responden melalui metode purposive sampling. Metode ini dipilih karena tidak diketahui secara pasti jumlah populasinya. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa gender berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif online, daya tarik promosi secara positif dan signifikan memengaruhi perilaku pembelian impulsif online dan kepemilikan kartu kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif online. Pihak pemasar diharapkan mampu lebih teliti dalam menentukan segmentasi pasar, lebih kreatif dalam melakukan promosi serta mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam proses pembayaran saat berbelanja online.


Kata kunci: gender, daya tarik promosi, kepemilikan kartu kredit, perilaku pembelian impulsif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-03
How to Cite
PUTRA, Made Santika; SANTIKA, I Wayan. PENGARUH GENDER, DAYA TARIK PROMOSI, KEPEMILIKAN KARTU KREDIT TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PRODUK LIFESTYLE. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 10, p. 5570 - 5598, oct. 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/40337>. Date accessed: 29 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i10.p13.
Section
Articles