PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP WORD OF MOUTH YANG DIMEDIASI OLEH CITRA PERUSAHAAN DI KOTA DENPASAR

  • Made Diah Kencana Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • A.A. Gd. Agung Artha Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Berbagai upaya dilakukan perusahaan untuk meningkatkan WoM positif perusahaan, salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan kegiatan CSR. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh CSR terhadap citra perusahaan, pengaruh CSR terhadap WoM, pengaruh citra perusahaan terhadap WoM dan peran citra perusahaan memediasi pengaruh CSR terhadap WoM. Desain penelitian adalah penelitian asosiatif. Obyek dalam penelitian adalah program CSR yang dilakukan oleh sebuah perusahaan mampu mempengaruhi WoM dan citra perusahaan. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah masyarakat yang mengetahui atau mendengar program CSR BRI di Kota Denpasar. Sampel yang digunakan sebanyak 95 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket berupa kuesioner. Model penelitian ini akan diuji menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh CSR terhadap citra, pengaruh CSR terhadap WoM, pengaruh citra terhadap WoM dan peran citra perusahaan dalam memediasi CSR terhadap WoM terdapat hubungan signifikan dan hubungan keduanya positif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
SARI, Made Diah Kencana; KUSUMA, A.A. Gd. Agung Artha. PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP WORD OF MOUTH YANG DIMEDIASI OLEH CITRA PERUSAHAAN DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 9, p. 4887 - 4917, sep. 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/38945>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i09.p10.
Section
Articles