KOMUNIKASI INTERPERSONAL MEMEDIASI KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PURNAYASA TOUR AND TRAVEL BALI

  • Ida Bagus Indra Pratama Universitas Udayana
  • A. A. Sagung Kartika Dewi Universitas Udayana

Abstract

Usaha pariwisata dalam bidang jasa tour and travel semakin berkembang dari tahun ke tahun di Bali khususnya sehingga banyak tenaga kerja yang terserap. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal dalam memediasi pengaruh kepemimpinan transaksional terhadap kinerja karyawan di Purnayasa Tour and Travel Bali. Penelitian ini dilakukan di Purnayasa Tour and Travel Bali dengan teknik analisis jalur (path analysis). Jumlah sampel, yakni dengan menggunakan metode sensus (total sampling) ialah sebanyak 90 responden. Hasil analisis membuktikan kepemimpinan transaksional berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap komunikasi interpersonal. Kepemimpinan transaksional berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan. Komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan. Komunikasi interpersonal secara signifikan memediasi pengaruh positif kepemimpinan transaksional terhadap kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-03
How to Cite
PRATAMA, Ida Bagus Indra; DEWI, A. A. Sagung Kartika. KOMUNIKASI INTERPERSONAL MEMEDIASI KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PURNAYASA TOUR AND TRAVEL BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 8, p. 4211 - 4236, aug. 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/38575>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i08.p07.
Section
Articles