PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PERSEPSI NILAI NASABAH YANG DIMEDIASI OLEH PERSEPSI RISIKO STUDI PADA NASABAH LPD PERERENAN KABUPATEN BADUNG

  • Ida bagus surya wijaya ida bagus surya wijaya
  • Kastawan Mandala Universitas Udayana

Abstract

Risiko yang dihadapi nasabah ketika menggunakan jasa pelayanan LPD, dengan memperhatikan dan menjaga kualitas yang diberikan perusahaan kepada nasabah maka akan terbentuk nilai tambah kepada LPD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Persepsi nilai nasabah yang dimediasi oleh Persepsi risiko. Penelitian ini dilakukan di LPD Pererenan Kabupaten Badung. Sampel yang digunakan adalah 100 orang nasabah. Teknik penelitian ini adalah purposive sampling dan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi nilai. Persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap persepsi nilai, yang artinya ketika persepsi risiko yang dirasakan nasabah saat menggunakan jasa pelayanan LPD tinggi, maka persepsi nilai nasabah terhadap LPD rendah. Kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap persepsi risiko. Persepsi risiko memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap persepsi nilai nasabah secara positif dan signifikan, hal tersebut membuktikan saat kualitas pelayanan dan persepsi nilai nasabah tinggi maka persepsi risiko nasabah aat menggunakan jasa LPD rendah. Usaha LPD yang baik harus mampu menjaga kualitas pelayanan yang diberikan kepada nasabahnya, dari segi pelayanan. LPD harus mampu mengutamakan kepentingan nasabah LPD dalam pelayanan jasa keuangan LPD, mampu membentuk kualitas pelayanan yang baik dan persepsi nilai nasabah yang baik.


 


Kata kunci : kualitas pelayanan, persepsi nilai nasabah, persepsi risiko

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-03
How to Cite
WIJAYA, Ida bagus surya; MANDALA, Kastawan. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PERSEPSI NILAI NASABAH YANG DIMEDIASI OLEH PERSEPSI RISIKO STUDI PADA NASABAH LPD PERERENAN KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 5, p. 2652 - 2679, may 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/37976>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i05.p14.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>