PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP PADA HOTEL INNA GRAND BALI BEACH SANUR

  • Ni Wayan Awinasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Ni Made Rastini Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh secara simultan dan parsial variabel bauran pemasaran yang terdiri atas produk, harga, tempat, promosi, orang, fasilitas fisik, dan proses terhadap keputusan menginap pada Hotel Inna Grand Bali Beach. Responden dalam penelitian ini berjumlah 160 orang wisatawan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuisioner. Pengujian instrumen penelitian yaitu menguji validitas dan reliabilitas instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor, analisis regresi linear berganda danĀ  uji asumsi klasik yang diolah dengan menggunakan SPSS version 15.00. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas bahwa instrument yang digunakan dalam penelitian adalah valid dan reliabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh faktor bauran pemasaran berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan menginap pada Hotel Inna Grand Bali Beach. NamunĀ  variabel kesesuaian harga berpengaruh dominan terhadap keputusan menginap wisatawan pada Hotel Inna Grand Bali Beach.

Published
2018-05-11
How to Cite
AWINASI, Ni Wayan; RASTINI, Ni Made. PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP PADA HOTEL INNA GRAND BALI BEACH SANUR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 8, p. 4297 - 4324, may 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/37231>. Date accessed: 22 may 2019. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i08.p10.
Section
Articles