PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DI PT JENGGALA KERAMIK BALI

  • Rai Mutiara Sari fakultas ekonomi dan bisnis
  • I Gede Riana Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK


Komitmen organisasioanl merupakan keadaan seseorang untuk memihak atau mempertahankan keanggotaannya di dalam suatu organisasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap komitmen organisasional, untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen organisasional di PT Jenggala Keramik Bali. Objek penelitian ini yaitu kompensasi, motivasi  kerja dan  komitmen organisasional. Populasi  sebanyak 146 dan sampel  sebanyak 60 karyawan dengan menggunakan pendekatan Slovin. Metode pengumpulan data observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional sedangkan motivasi  tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional


Kata kunci: kompensasi,  motivasi kerja,  komitmen organisasional

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-03
How to Cite
SARI, Rai Mutiara; RIANA, I Gede. PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DI PT JENGGALA KERAMIK BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 1539 - 1565, mar. 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/36387>. Date accessed: 24 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p15.
Section
Articles