PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DI VILLA KUBU MANGGALA SEMINYAK

  • Made Satwika Dwi cahyadi mahasiswa
  • I Gusti Bagus Honor satrya

Abstract

Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam mengelola sumber daya manusia adalah rasa suka rela karyawan dalam membantu rekan kerja diluar tugas tanggung jawabnya (Organizational Citizenship Behavior). Gejala-gejala permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya OCB disebabkan karena rendahnya kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasional terhadap OCB di Villa Kubu Manggala Seminyak. Penelitian ini dilakukan di Villa Kubu Manggala Seminyak dengan menggunakan metode sensus yaitu sebanyak 30 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner dengan menggunakan skala likert 5 point untuk mengukur 12 item pernyataan. Pengujian yang dilakukan menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji f serta uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Untuk meningkatkan prilaku OCB di dalam organisasi sebaiknya perusahaan lebih memperhatikan komitmen normatif dan kesempatan promosi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-03
How to Cite
CAHYADI, Made Satwika Dwi; HONOR SATRYA, I Gusti Bagus. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DI VILLA KUBU MANGGALA SEMINYAK. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 614 - 642, feb. 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/35355>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i02.p03.
Section
Articles