PERAN KEBIJAKAN DIVIDEN DALAM MEMEDIASI PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

  • Yosua Lapian Udayana University
  • Sayu Kt Sutrisna Dewi Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh profitabilitas, leverage dan kebijakan dividen terhadap harga saham serta untuk mengetahui signifikansi pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap kebijakan dividen. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 22 perusahaan dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menemukan bahwa profitabilitas dan kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen, sedangkan leverage berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kebijakan dividen dan harga saham. Kebijakan dividen tidak mampu memediasi pengaruh  profitabilitas terhadap harga saham serta kebijakan dividen tidak mampu memediasi pengaruh leverage terhadap harga saham.


 


Kata kunci: profitabilitas, leverage, kebijakan dividen dan harga saham

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-03
How to Cite
LAPIAN, Yosua; DEWI, Sayu Kt Sutrisna. PERAN KEBIJAKAN DIVIDEN DALAM MEMEDIASI PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 816 - 846, feb. 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/35272>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i02.p10.
Section
Articles