KINERJA KEUANGAN YANG MEMBEDAKAN FINANCIAL PERFORMANCE OF DIFFERE FINANCIAL PERFORMANCE OF DIFFERENT SHORT HIGHLIGHTS IN MANUFACTURING COMPANY IN INDONESIA STOCK EXCHANGE

KINERJA KEUANGAN YANG MEMBEDAKAN TINGGI RENDAHNYA HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Komang Arik Suartama Fakultas ekonomi dan bisnis udayana
  • I Ketut Mustanda Udayana University

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji rasio-rasio keuangan (Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Assets Turn Over, Return On Assets, dan Dividen Payout Ratio) yang mampu membedakan kelompok harga saham tinggi dan kelompok harga saham rendah. Penelitian ini dilakukan di perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 144 perusahaan manufaktur. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana perusahaan manufaktur yang memiliki laba positif dan membagikan dividen sebagai sampel penelitian yang berjumlah 47 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Z-Score dan analisis diskriminan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa rasio-rasio keuangan (Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Assets Turn Over, Return On Assets, dan Dividen Payout Ratio) dapat membedakan kelompok harga saham tinggi dan kelompok harga saham rendah pada perusahaan manufaktur. Total Assets Turn Over adalah rasio keuangan yang mendominasi dalam penentuan kelompok tingkat harga saham tinggi dan harga saham rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-08
How to Cite
SUARTAMA, Komang Arik; MUSTANDA, I Ketut. KINERJA KEUANGAN YANG MEMBEDAKAN FINANCIAL PERFORMANCE OF DIFFERE FINANCIAL PERFORMANCE OF DIFFERENT SHORT HIGHLIGHTS IN MANUFACTURING COMPANY IN INDONESIA STOCK EXCHANGE. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 12, p. 6845 - 6879, nov. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/34690>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)