PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SERTA PENGALAMAN KERJA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR PADA PDAM TIRTA MANGUTAMA KABUPATEN BADUNG

  • Ni Putu Dianita Andriyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Wayan Mudiartha Utama Universitas Udayana

Abstract

Pengembangan karir adalah aktivitas kepegawaian dalam peningkatan pribadi untuk mencapai suatu rencana karir dan peningkatan oleh departemen personalia untuk merencanakan karir sesuai dengan jalur atau jenjang organisasi agar dapat mengembangkan diri dengan maksimal.Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan, pengalaman kerja dan pengembangan karir.Penelitian ini dilakukan di PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung. Jumlah sampel sebanyak 119 orang dengan menggunakan metode stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.Hasil analisis menemukan bahwa pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karir.Pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karir.Perusahaan sebaiknya memperhatikan jadwal pendidikan dan pelatihan para pegawai agar pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tidak mengganggu aktivitas pegawai. Perusahaan sebaiknya memberikan pemahaman terhadap tugas-tugas yang akan diberikan agar pegawai lebih memahami dan dapat menyelesaikan kewajiban tepat waktu.


Kata kunci: Pendidikan dan Pelatihan, Pengalaman Kerja, Pengembangan Karir

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-30
How to Cite
ANDRIYANI, Ni Putu Dianita; UTAMA, I Wayan Mudiartha. PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SERTA PENGALAMAN KERJA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR PADA PDAM TIRTA MANGUTAMA KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 11, p. 5859 - 5882, oct. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/33190>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles