PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN DI HOTEL ALILA UBUD

  • Kadek Intan Permata Kusuma author
  • Ni Wayan Mujiati

Abstract

Turnover intention adalah adanya keinginan dari karyawan untuk berpindah keperusahaan lain dengan sadar atau tanpa paksaan orang lain dan karyawan tersebut memiliki hak untuk menentukan keputusan untuk tetap bekerja atau mengundurkan diri dari perusahaan. Turnover intention yang tinggi tentunya akan mengakibatkan permasalahan pada organisasi jika tidak cepat ditangani dengan baik, oleh sebab itu suatu organisasi harus mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan turnover intention. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh langsung variabel perceived organizational support dan komitmen organisasional terhadap turnover intention.


                 Penelitian ini dilakukan di Hotel Alila Ubud Bali. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 65 orang sebagai responden penelitian, dengan metode proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.


                 Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived organizational support berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin rendah perceived organizational support maka semakin tinggi turnover intention karyawan. Hasil analisis juga menemukan bahwa komitmen organisasional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin rendah komitmen organisasional maka semakin tinggi turnover intention karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-03
How to Cite
KUSUMA, Kadek Intan Permata; MUJIATI, Ni Wayan. PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN DI HOTEL ALILA UBUD. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 10, p. 5748 - 5774, oct. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/33004>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles