PENGARUH IKLAN PADA MEDIA TELEVISI TERHADAP MINAT BELI (STUDI PADA CALON KONSUMEN BUKALAPAK.COM DI KOTA DENPASAR)

  • Ade Winata Udayana University
  • I Ketut Nurcahya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan (pesan iklan, musik iklan, ilustrasi cerita dan bintang iklan) Bukalapak.com pada media televisi terhadap minat beli calon konsumen Bukalapak.com di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 90 orang responden dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala Likert untuk mengukur 15 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa pesan iklan, musik iklan, ilustrasi cerita, dan bintang iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Bedasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa pengaruh secara simultan antara variabel pesan iklan, musik iklan, ilustrasi cerita dan bintang iklan terhadap minat beli konsumen. Sementara hasil secara parsial variabel pesan iklan, musik iklan, ilustrasi cerita dan bintang iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-03
How to Cite
WINATA, Ade; NURCAHYA, I Ketut. PENGARUH IKLAN PADA MEDIA TELEVISI TERHADAP MINAT BELI (STUDI PADA CALON KONSUMEN BUKALAPAK.COM DI KOTA DENPASAR). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 10, p. 5660 - 5692, oct. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/32765>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles