PERAN SIKAP DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGETAHUAN DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT BELI PRODUK HIJAU

  • Ni Wayan Sumiraditya Julianti universitas udayana
  • Komang Agus Satria Pramudana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh pengetahuan lingkungan, dan kepedulian lingkungan terhadap sikap, menjelaskan pengaruh pengetahuan lingkungan, kepedulian lingkungan dan sikap terhadap niat beli produk hijau. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Jumlah sampel sebanyak 150 responden, menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif menjelaskan profil responden, statistik inferensial berupa analisis faktor konfirmatori, analisis jalur, dan uji sobel digunakan untuk menguji hipotesis yang dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhada niat beli produk hijau. Kepedulian lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli produk hijau. Pengetahuan lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. Kepedulian lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. Sikap memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli produk hijau. Sikap memediasi secara parsial pengaruh pengetahuan dan kepedulian lingkungan terhadap niat beli produk hijau pada produk SPA Bali Tangi Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-03
How to Cite
JULIANTI, Ni Wayan Sumiraditya; PRAMUDANA, Komang Agus Satria. PERAN SIKAP DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGETAHUAN DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT BELI PRODUK HIJAU. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 10, p. 5524 - 5551, oct. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/32357>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles