STUDI KELAYAKAN INVESTASI PENDIRIAN SPBU DI MONANG-MANING

  • Reina Marsha Liman FEB UNUD
  • Anak Agung Gede Suarjaya

Abstract

ABSTRAK


 


Agar tujuan dari perusahaan dapat tercapai, maka investor perlu memastikan investasi yang dilakukan oleh perusahaan akan memberikan keuntungan atau tidak. Dalam penelitian berjudul "Studi Kelayakan Investasi Pendirian SPBU di Monang-Maning" ini, dimaksudkan untuk menganalisis kelayakan investasi pendirian SPBU di Monang-Maning. Untuk mengukur kelayakan aspek keuangan penulis menggunakan kriteria penilaian berupa Payback Period, Net Present Value, Profitability Index, dan Internal Rate of Return. Hasil penelitian menunjukkan investasi pendirian SPBU di Monang-Maning ini layak ditinjau dari aspek hukum, aspek lingkungan, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan SDM. Pada aspek keuangan diperoleh Payback Period 3 tahun 6 hari, NPV sebesar Rp.60.884.639.852,75, PI sebesar 7,118, IRR sebesar 38,208 persen. Investasi tersebut layak untuk dilanjutkan.


                                                                                           


Kata Kunci: studi kelayakan bisnis, investasi, payback period, net present value, profitability index, internal rate of return

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-03
How to Cite
LIMAN, Reina Marsha; SUARJAYA, Anak Agung Gede. STUDI KELAYAKAN INVESTASI PENDIRIAN SPBU DI MONANG-MANING. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 10, p. 5489 - 5523, oct. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/32283>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)