PENGARUH LIKUIDITAS DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI

  • Novia Dwi Yanthi fakultas ekonomi dan bisnis universitas udayana
  • Gede Merta Sudiartha

Abstract

Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam memperoleh  laba atau keuntungan. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi profitabilitas pada perusahaan salah satunya adalah rasio keuangan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan perputaran modal kerja terhadap profitabilitas pada perusahaan industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Populasi dalam penelitian ini menggunakan sektor industri barang konsumsi, jumlah populasi yang ada pada penelitian ini sebanyak 38 perusahaan industri barang konsumsi. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 26 perusahaan indutri barang konsumsi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Model analisis yang digunakan untuk memecahkan masalah penelitian ini adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa Current Ratio (CR) berpengaruh negatif terhadap profitabilitas ,perputaran kas berpengaruh positif terhadap profitabilitas, perputaran piutang berpengaruh positif terhadap profitabilitas danerputaran persediaan berpengaruh positif terhadap profitabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-30
How to Cite
YANTHI, Novia Dwi; SUDIARTHA, Gede Merta. PENGARUH LIKUIDITAS DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 9, p. 4829 - 4856, aug. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/31592>. Date accessed: 06 june 2020.
Section
Articles