PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA KARYAWAN BOUNTY HOTEL - BALI

  • I Made Pasek Ardiana Putra fakultas ekonomi dan bisnis universitas udayana
  • I Gede Riana Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadilan organisasional dan keterlibatan kerja terhadap komitmen organisasional pada karyawan. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling dengan sampel sebanyak sebanyak 61 orang karyawan tetap dan kontrak pada Bounty Hotel - Bali. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Keterlibatan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk menambah variabel lain karena penelitian ini hanya memandang komitmen organisasional dipengaruhi oleh keadilan organisasional dan keterlibatan kerja, namun tidak menutup kemungkinan komitmen organisasional dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti kepuasan kerja, kepeminpinan, stress kerja, maupun faktor lainnya yang dapat mempengaruhi komitmen organisasional. Peneliti selanjutnya juga diharapkan untuk dapat mengambil sampel diluar lingkungan industri perhotelan serta menggunakan model lain sebagai alat analisisnya.


 


Kata kunci: Keadilan Organisasi, Keterlibatan Kerja, Komitmen Organisasional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-28
How to Cite
PUTRA, I Made Pasek Ardiana; RIANA, I Gede. PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA KARYAWAN BOUNTY HOTEL - BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 4422 - 4451, july 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/31451>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles