PENGARUH KEADILAN DISTRIBUTIF, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN KALKULATIF TERHADAP MINAT KELUAR PADA KARYAWAN HOTEL DIWANGKARA

  • Ida Ayu Candra Dewi Kusuma Udayana University
  • Putu Saroyini Piartrini Udayana University

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana keadilan distributif, kepuasan kerja dan komitmen kalkulatif mempengaruhi minat keluar, serta keadilan distributif mempengaruhi kepuasan kerja dan komitmen kalkulatif, berdasarkan data yang diakumulasi dari perusahaan akomodasi Hotel Diwangkara. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap Hotel Diwangkara. Data dianalisis dengan metode analisis jalur. Studi ini menyimpulkan bahwa keadilan distributif memiliki efek negatif yang signifikan terhadap minat keluar. Keadilan distributif memiliki efek positif yang signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen kalkulatif. Kepuasan kerja dan komitmen kalkulatif memiliki efek negatif  pada minat keluar, tapi komitmen kalkulatif tidak mempengaruhi minat keluar secara signifikan. Studi ini menemukan bahwa kepuasan kerja dan komitmen kalkulaitf memediasi parsial pengaruh keadilan distributif terhadap minat keluar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ida Ayu Candra Dewi Kusuma, Udayana University
Management Department of Udayana University
Putu Saroyini Piartrini, Udayana University
Management Department of Udayana University
Published
2017-05-03
How to Cite
KUSUMA, Ida Ayu Candra Dewi; PIARTRINI, Putu Saroyini. PENGARUH KEADILAN DISTRIBUTIF, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN KALKULATIF TERHADAP MINAT KELUAR PADA KARYAWAN HOTEL DIWANGKARA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 5, p. 2671 - 2699, may 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/29558>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

keadilan distributif, kepuasan kerja, komitmen kalkulatif dan minat keluar.