PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL, KOMITMEN ORGANISASIONAL, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR

  • Kadek Setya Prameswari
  • Gusti Made Suwandana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadilan organisasional, komitmen organisasional, dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior pada Suriwathi Beach Hotel Legian Kuta-Bali. Pada penelitian ini, populasi berjumlah 40 karyawan. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan non probability sampling. Seluruh anggota populasi dalam penelitian ini dijadikan responden karena jumlah populasi yang relatif kecil yaitu 40 orang. Alat analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, serta kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Implikasi dari penelitian ini adalah pihak Suriwathi Beach Hotel lebih menciptakan dan mempertahankan keadilan organisasional, komitmen organisasional, dan kepuasan kerja karyawan yang akan berdampak baik terhadap OCB.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-02
How to Cite
PRAMESWARI, Kadek Setya; SUWANDANA, Gusti Made. PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL, KOMITMEN ORGANISASIONAL, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 1368 - 1397, mar. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/27879>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Keadilan Organisasional, Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior