PERAN BRAND EQUITY DALAM MEMEDIASI PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT BELI

  • Kadek Yoga Aditya Udayana University
  • I Made Wardana Udayana University

Abstract

Penelitian ini bertujuan  mengidentifikasi peran brand equity dalam memediasi pengaruh word of mouth terhadap niat beli. Penelitian ini difokuskan di Kota Denpasar. Populasi yang menjadi sumber sampel dalam penelitian ini adalah warga Kota Denpasar yang berniat membeli Chitato Rasa Indomie. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Pupossive Sampling dengan sejumlah kriteria yang disesuaikan dengan tujuan penelitian sehingga terpilih 100 responden yang telah memenuhi kriteria dan terlibat dalam penelitian ini dengan mengisi kuisioner yang telah disebarkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam riset ini yaitu analisis faktor konfirmatori serta teknik analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand equity terbukti mampu memediasi pengaruh word of mouth terhadap niat beli. Hasil ini membuktikan bahwa brand equity memiliki peran dalam menjembatani pengaruh yang terjadi  dari variabel word of mouth terhadap niat beli. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi bagi perusahaan dalam menerapkan kebijakan terkait strategi penjualan produk  yang ditawarkan.

The aim of this research is to identify the role of brand equity in mediating word of mouth’s effect on buying intention. The research focused in Denpasar City. Population in this research is whole citizens in Denpasar who have any intention to buy product Chitato Rasa Indomie snack. This research used purposive sampling as the method of sampling with several criterias which have been adapted with the aim of the research itself until selected 100 respondents that answered whole the questionaires that distributed. The data analysis technique which used in this research are Confirmatory Factor Analysis and also Path Analysis. The output of this research show that brand equity has proven can mediating the effect of word of mouth on buying’s intention. Conclusion of this research would be a best consideration for the company in applying any decisions related with the product’s sales strategy.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-09
How to Cite
ADITYA, Kadek Yoga; WARDANA, I Made. PERAN BRAND EQUITY DALAM MEMEDIASI PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT BELI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 830 - 856, feb. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/27273>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

word of mouth, brand equity, buying intention