PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI HUBUNGAN NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN

  • Ni Luh Ade Purnami Swari Udayana University
  • I Gusti Ayu Ketut Giantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran kepuasan konsumen memediasi hubungan antara nilai utilitarian dan nilai hedonik dengan loyalitas konsumen J.CO Donuts and Coffee Denpasar. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 115 responden, dengan metode non probability sampling khususnya purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis SEM dengan bantuan software AMOUS 16.0. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa nilai utilitarian dan nilai hedonik berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Hasil menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dapat memediasi hubungan antara nilai utilitarian dan nilai hedonik dengan loyalitas konsumen. Penting bagi pihak perusahaan agar lebih memerhatikan motif belanja konsumen seperti nilai hedonik dan nilai utilitarian, karena kedua variabel ini berperan untuk menciptakan kepuasan konsumen dan berakhir pada konsumen yang loyal. Penelitian ini berkontribusi secara teoretis sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya. Kontribusi secara praktis sebagai masukan kepada perusahaan dalam menjaga konsumennya agar tetap loyal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-02
How to Cite
SWARI, Ni Luh Ade Purnami; GIANTARI, I Gusti Ayu Ketut. PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI HUBUNGAN NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 1194 - 1220, mar. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/26814>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

nilai utilitarian; nilai hedonik; kepuasan konsumen; loyalitas konsumen.