PERAN BRAND EQUITY MEMEDIASI HUBUNGAN IKLAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

  • I Gusti Ngurah Bagus Adi Mas Putra
  • Ketut Rahyuda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Iklan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam bidang pemasaran . Iklan akan berpengaruh terhadap perilaku konsumen khususnya dalam kaitannya dengan keputusan pembelian konsumen. Penting bagi perusahaan untuk memperhatikan iklan yang dibuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan iklan dengan keputusan pembelian dengan brand equitysebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada produk air mineral merek  AQUA. Jumlah responden yang diambil yaitu berjumlah 150 responden dengan metode non-probability sampling, khususnya purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel iklan dan brand equity masing-masing mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan keputusan pembelian, dan juga variabel brand equity mampu memediasi hubungan iklan dengan keputusan pembelian. Hal ini mengindikasikan bahwa baik buruknya suatu iklan yang dilakukan akan berpengaruh terhadap baik buruknya brand equity suatu produk yang nantinya juga akan berpengaruh terhadap keputusan dari konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-01-20
How to Cite
ADI MAS PUTRA, I Gusti Ngurah Bagus; RAHYUDA, Ketut. PERAN BRAND EQUITY MEMEDIASI HUBUNGAN IKLAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 12, jan. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/26621>. Date accessed: 24 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

iklan, brand equity, keputusan pembelian

Most read articles by the same author(s)