PERAN COMPETITIVE ADVANTAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI DEALER MADE FERRY MOTOR DENPASAR

  • Gusti Putu Gari Swara Universitas Udayana
  • Ni Made Wulandari Kusumadewi

Abstract

Keputusan pembelian dapat diraih dengan melihat competitive advantage dan positioning perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran competitive advantage dalam memediasi pengaruh positioning terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Made Ferry Motor di Kota Denpasar. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan responsen berjumlah 112 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis path. Hasil penelitian menunjukan bahwa positioning berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage; positioning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; competitive advantage berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; dan competitive advantage berpengaruh signifikan dalam memediasi pengaruh positioning terhadap keputusan pembelian. Untuk menciptakan keputusan pembelian maka pihak manajemen perusahaan, penting bagi pihak manajemen perusahaan untuk menentukan competitive advantage yang dimiliki perusahaan. Selain competitive advantage, positioning juga menjadi acuan yang kuat untuk menciptakan keputusan pembelian, dalam hal ini disarankan agar manajemen dan pemasar memikirkan cara serta tekniknya dalam memposisikan perusahaan di benak konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-02
How to Cite
SWARA, Gusti Putu Gari; KUSUMADEWI, Ni Made Wulandari. PERAN COMPETITIVE ADVANTAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI DEALER MADE FERRY MOTOR DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 1168 - 1193, mar. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/26434>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

positioning, competitive advantage, keputusan pembelian

Most read articles by the same author(s)