PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN BALI RANI HOTEL

  • Dewa Prasetya Cahya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Made Artha Wibawa

Abstract

Organizational Citizenship Behavior adalah perilaku dalam organisasi yang tidak secara langsung mendapat penghargaan dari sistem imbalan formal. Organisasi perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior. Penelitian dilakukan pada Bali Rani Hotel yang beralamat di Jl. Kartika Plaza. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship behavior serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada karyawan Bali Rani Hotel. Teknik pengambilan data yang dipakai dalam penenilitian ini adalah teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Dari 168 kuesioner yang disebar, hanya 133 kuesioner yang dikembalikan oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Path Analysis. Hasil penelitian mendukung seluruh hipotesis serta mengindikasikan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi,  sehingga disarankan pihak hotel memperhatikan kepuasan kerja karyawan untuk meningkatkan komitmen organisasinya. Selain itu, kepuasan kerja dan komitmen organisasi menunjukkan pengaruh positif dan signifikan  terhadap Organizational Citizenship Behavior.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-10
How to Cite
CAHYA, Dewa Prasetya; WIBAWA, Made Artha. PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN BALI RANI HOTEL. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 4, apr. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/17852>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

kepuasan kerja, komitmen organisasi, organizational citizenship behavior