PENGARUH FAKTOR KONTEKSTUAL TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM S1 DI FEB UNIVERSITAS UDAYANA

  • Rafirsta Sena Rimbawa Meidora Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gde Ketut Warmika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Pengangguran merupakan masalah utama dunia kerja bagi lulusan universitas saat ini. Tidak sedikit dari mereka yang pada akhirnya menganggur karena terlalu terpaku pada pencarian pekerjaan yang mereka anggap sesuai. Solusi yang ada dan terbilang efektif adalah menciptakan lapangan pekerjaan itu sendiri atau disebut wirausahaTujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Academic support, Structural support dan Relational support dalam memengaruhi niat berwirausaha pada mahasiswa program S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Udayana. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 108 responden, dengan menggunakan teknik nonprobability sampling, atau lebih lanjut dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria sudah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa academic support berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. Lalu structural support juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. Hasil yang sama yaitu positif dan signifikan juga ditunjukkan pada pengaruh relational support terhadap niat berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-02-15
How to Cite
RIMBAWA MEIDORA, Rafirsta Sena; WARMIKA, I Gde Ketut. PENGARUH FAKTOR KONTEKSTUAL TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM S1 DI FEB UNIVERSITAS UDAYANA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 2, feb. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/16328>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

academic support, structural support, relational support, niat berwirausaha