PENGARUH MARKET TO BOOK VALUE DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

  • Komang Reni Utami Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ketut Purnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Hedging merupakan suatu strategi yang dilakukan khususnya untuk mengurangi atau meniadakan risiko pada suatu investasi. Keputusan hedging dipengaruhi oleh market to book value (MTBV)  dan likuiditas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh market to book value dan likuiditas terhadap keputusan hedging pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini mengambil sampel 6 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian yaitu tahun 2009-2013 dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda (multiple linier regresion analysis). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel MTBV secara signifikan berpengaruh positif terhadap penggunaan instrumen derivatif dan variabel likuiditas secara signifikan berpengaruh negatif terhadap penggunaan instrumen derivatif.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-01-14
How to Cite
RENI UTAMI DEWI, Komang; PURNAWATI, Ketut. PENGARUH MARKET TO BOOK VALUE DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 1, jan. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/16238>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

hedging; instrumen derivatif; MTBV;likuiditas